Thursday, September 12, 2013

Cara Membuat Custom Content - Bag.2

Pada pertemuan sebelumnya kita memiliki dua pertanyaan, (1)bagaimana mengubah skala "group 0" menjadi lebih besar dan (2) bagaimana caranya mengubah bentuk bayangan yang jatuh di lantai, yang awalnya persegi menjadi bundar, atau sebaliknya. Well, sebaiknya segera kita mulai sebelum Katy Perry selesai melantunkan lagunya,   lho.. apa hubungannya?


 Kembali lihat milkshape kalian, klik "scale" (1) dan klik "X" dan "Z" (2). Jangan lupa ubah angka yang sedianya hanya 1.0 menjadi 1.01, kemudian klik "Scale" klik berkali-kali hingga besar "group 0" sesuai dengan yang kita inginkan. Bagaimana jika 1.0 kita ubah menjadi 1.02 atau angka di belakang nol lebih besar? Tentu saja perubahan yang terjadi akan terlalu drastis, jadi saya kira lebih baik cukup dengan ukuran 1.01

Nah, pertanyaan pertama sudah terjawab.





Berikutnya mengubah bentuk bayangan yang jatuh ke lantai. Klik dua kali "group 0" sehingga berwarna merah. Lihat menu tool bar dan klik
"window", pilih "Texture Coordinate Editor"
Lihat gambar!



  Akan muncul jendela baru seperti ditunjukkan pada gambar di atas. Mana gambar bayangannya? Tentu tidak ada sebab saat ini yang ada di "Texture Coordinate Editor" adalah "group 1".Bukan "group 0".

Klik "group 1" dan muncul dropdown menu, pilih yang atas, "group 0". Nah, barulah muncul bentuk bayangan yang diinginkan. Edit dengan klik "select", arahkan mouse pada titik-titik map dalam jendela, klik "move", arahkan ke gambar bayangan yang berbentuk persegi. Ingat, pada pertemuan sebelumnya kita membuat bantal. Jadi, bentuk persegi adalah yang lebih mendekati dan cocok.

Nah, selesai sudah kita membuat bayangan. Sampai jumpa lagi di pertemuan berikutnya, bagian 3, yaitu membuat file-file .dds untuk multiplier, specular, dan mask. 

 

 


 Jika ada pertanyaan silakan post di form komentar di bawah tutorial ini. Sampai jumpa lagi! (Jindann)



Share This

No comments:

Post a Comment