Tuesday, September 17, 2013

Cara Membuat Custom Content the Sims 3 Bag. 3


Kembali buka TSRW kamu. Klik tab mesh.  Impor objek kamu yang telah berekstensi .wso semuanya, HLOD dan MLOD. Belum cukup sampai di situ. Klik dropdown dan temukan Shadow High Level of Detail dan Shadow Medium Level of Detail. Tiap shadow klik ikon dua panah biru bersinggungan seperti ikon zodiaq pisces, generate! Tujuannya untuk menyesuaikan bentuk bayangan yang jatuh agar benar-benar sama dengan lekukan objek HLOD dan MLOD. Selesai? Aduh, tapi kenapa buruk sekali teksture bantalku? Tentu saja, kita belum membuat file-file .dds yang diperlukan sehingga map objek belum applied ke objeknya. Sebaiknya kita segera membuatnya.

Klik tab "teksture" lihat empat kotak yang ada, kotak paling atas adalah "overlay", kemudian berturut-turut ke bawah "mask", "multiplier", dan terakhir "specular".

MULTIPLIER
     Buka program gimp kamu, di sana open file .png yang merupakan map bantal yang sudah dipanggang. Lho, kok sudah dipanggang? Caranya bagaimana? Di mana memanggangnya?  Okay, agak mundur sebentar, Klik di sini untuk mengetahui caranya memanggang.
    Nah, sudah mendapatkan file .png nya? Bagian transparant di luar area map isi dengan warna abu-abu dengan ketentuan seperti pada gambar berikut. RGB 50 dan HTML 323232


Setelah diisi maka jika kamu melakukannya dengan benar maka akan tampak seperti berikut.

Simpan dengan cara rename, kasih nama multiplier.dds dan sesuaikan pengaturan penyimpanan seperti ditunjukkan dalam gambar berikut.
Nah, multiplier  ini sudah bisa diekspor ke TSRW. Berikutnya adalah membuat "specular".

SPECULAR
Multiplier yang sudah jadi kamu ubah pengaturan colournya di brightness/contrast tool. Ubah menjadi sangat gelap pada warna dasarnya dan sangat putih pada bagian terang. Saya biasa mengaturnya dengan angka  brightness 70 dan contrast 100. Seperti yang tampak pada gambar.

Kemudian pilih "layer" di menu bar atas, pilih "mask", "add layer mask" dan sesuaikan seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Nah, save as dan kasih nama Specular.dds. Ketentuan penyimpanan pilih pada compression BC3/DXT5, beri centang generate mipmap. Klik OK. Selesai! Sudah bisa diimpor ke TSRW.

MASK
Klik ctrl Z  sampai kembali pada multiplier. Add new layer transparant, isi layer baru  dengan warna merah kode HTML ff0000. Save as DDS dengan ketentuan cukup DXT1 sama seperti menyimpan multiplier. Selesai. Impor ke TSRW.

Hasil akhir seperti ini pada TSRW kamu.

Ooops, ada gambar plumbob di Overlay! Ya, saya sengaja memberinya gambar agar bantal terlihat semakin Cute! Bagaimana caranya? Klik di sini.


(Jindann)
Share This

No comments:

Post a Comment