Sunday, March 4, 2018

The Sims 4 Jungle Adventure Review (Bahasa Indonesia)

INTRO

Sebelumnya kita sudah punya Outdoor Retreat yang punya tema liburan dan camping, kali ini kita punya The Sims 4 Jungle Adventure yang bertema liburan dan petualangan yang dirilis tanggal 28 Maret 2018 (waktu Indonesia). Kali ini kami akan mengupas secara mendalam mengenai DLC The Sims 4 teranyar besutan Maxis ini.
Awalnya saya sempat khawatir dengan DLC satu ini. Pasalnya saya pribadi agak terganggu dengan "loading" ketika pindah dari satu tempat ke tempat lain mengingat The Sims 4 tidak open world ditambah temple yang kita bisa jelajah hanya ada satu yang tadinya saya pikir sekalinya selesai menjelajah temple tersebut akan sangat membosankan jika kembali ke Selvadorada. Tapi ternyata mereka membuat game pack ini seapik mungkin membuat kita tetap nyaman dan seru untuk menjelajah! Penasaran bagaimana serunya game pack ini? Lanjut membaca ya :)

SELVADORADA, LIBURAN & DESA LOKAL

The Sims 4 Jungle Adventure mempunyai world destinasi bernama Selvadorada. Selvadorada merupakan world destinasi sama halnya dengan Granite Falls The Sims 4 Outdoor Retreat. Jadi di world ini kita hanya dapat bekunjung, tidak bisa menetap di sana. Sama halnya dengan Granite Falls, kita bisa menyewa tempat penginapan di sana. Ada empat rumah penginapan. Biaya sewa variatif tergantung seberapa besar rumah tersebut. Kita dapat memulai liburan melalui Telepon.
Ada dua distrik atau neighborhood. pertama pedesaan Selvadorada itu sendiri, dan kedua distrik penjelajahan. Di distrik native village atau pedesaan ada museum, bar, dan local market.


Di local market kita bisa membeli perlengkapan penjelajahan seperti air botol (untuk membersihkan badan), grilled cheese (supply makanan), spray anti laba-laba dan serangga, dan masih banyak lagi perlengkapan lainnya. Bahkan souvernir pun dijual di sini. Kalau punya Outdoor Retreat, kita juga bisa membeli tenda, obor, perapian untuk api unggun, kursi lipat, dll. Di local market juga kita bisa mencicipipi makanan dan minuman khas Selvadorada. Dengan bicara dengan warga lokal, memakan makanan tradisional dan meminum minuman tradisionalnya akan meningkatkan pengetahuan Sim kita soal budayanya. Jika sudah level 4, Sim bisa menari tarian daerah Selvadorada.



PENJELAJAHAN DI HUTAN

Penjelajahan dimulai dengan mengunjungi lot hutan, lalu bersihkan tanaman rambat dan ranting-ranting di pintu masuk agar bisa masuk ke hutan lebih dalam. Jangan lupa untuk membeli golok agar kamu lebih mudah untuk menjelajah hutan. Sebetulnya membersihkan ranting-ranting bisa dengan tangan kosong. Tapi lebih lama dan dapat mengakibatkan tangan Sim luka.
Asyiknya, dari tempat satu ke tempat lain kita tidak perlu mengalami terganggunya dengan loading screen. Karena distrik penjelajahan dibuat sangat luas sehingga di hutan kita bisa jalan-jalan dengan nyaman sambil melihat indahnya pemandangan hutan Selvadorada dan mencari artefak-artefak yang terkubur di dalam tanah.


PENJELAJAHAN DI TEMPLE

Seperti yang saya katakan di intro, awalnya saya khawatir dengan rasa bosan yang akan datang karena Selvadorada hanya mempunyai satu temple yang bisa kita jelajah. Tapi ternyata mereka buat temple ini sangat apik. Pasalnya, setiap harinya temple ini akan rearrange atau di tata ulang. Yup! Setiap harinya isi dalam temple ini akan berubah-ubah secara keseluruhan sehingga kita tidak akan merasa bosan untuk menjelajah untuk mengkoleksi harta karun yang ada di dalamnya jika kita sudah mencapai ruangan akhir dari temple tersebut. Ada total 13 treasure yang bisa kita koleksi.


Dari ruangan ke ruangan pintu temple dijaga oleh api, listrik, racun, dll. Kita harus membuka barrier tersebut agar kita bisa melanjutkan ke ruangan lain. Ada beberapa objek yang bisa kita coba untuk membuka pembatasnya seperti prajurit tengkorak, batu ukir yang bisa bicara, semacam cawan yang kita masukin serbuk, dan lain-lain. Jika kita salah mencoba membukanya, ada beragam perangkap dan bahaya yang Sim kita akan hadapi seperti terbakar, tersetrum, laba-laba, terkena panah yang kadang beracun, kutukan, dan lain-lain. Terkena racun akan mengakibatkan Sim mendapat moodlet "Dazed" yang sangat mengganggu. Moodlet tersebut tidak akan hilang sampai Sim kita minum penawarnya. Penawar racun bisa didapat dengan meminta ke warga lokal dengan syarat harus membawa dust bone. Dust bone bisa ditemukan sepanjang kita menjelajahi temple atau bisa membelinya via komputer dengan harga 1000 simoleon. Terkadang Sim terkena semacam kutukan yang menyebabkan hygiene-nya berkurang drastis. Untung ada air dalam botol yang bisa dibeli di local market bisa buat bersih2 badan.
Di dalam temple juga terdapat spot artefak bahkan lebih besar yang bisa kita gali untuk kita koleksi. Apa saja artefaknya? Pastikan tetap membaca ya.

KOLEKSI ARTEFAK

Ini yang paling seru dari game pack ini. Kita bisa mengoleksi total 16 artefak yang unik dan sangat kuno. Maka dari itu, tidak cukup sekali pergi ke Selvadorada untuk menjelajah hutan dan templenya agar bisa mengoleksi semua artefak dan treasurenya. Selain artefak dan treasure, di Jungle Adventure juga terdapat 5 fosil baru yang bisa koleksi.
Ada dua jenis artefak yang bisa ditemukan. Pertama yang masih terbungkus oleh tanah, kedua sudah berbentuk tapi unauthenticated (masih belum berwarna mungkin semacam masih terlapisi debu dan tanah). Yang masih terbungkus tanah bisa discover menggunakan meja arkeologi. Dan yang belum berwarna bisa authenticate di meja arkeologi.



RELIK DAN KEKUATANNYA

Ternyata tidak selesai dengan artefak, treasure dan fosilnya! Masih ada lagi yang lebih seru yaitu relic.
Relic bisa ditemukan di archeology spot. Relic ada dua bagian, base dan badan + kepalanya. Ada 3 jenis kepala yaitu Zazatotl (bentuk burung), Balampalsoh (bentuk jaguar) dan Totecallama (bentul Llama). Dan 3 jenis jg bagian basenya, yaitu Watcher, Death, dan Chaos. Dan jika mereka dikombinasikan akan menghasilkan kutukan atau berkah yang berbeda.


Dasarnya, Balampalsoh jika dikombinasikan dengan base apapun akan menghasilkan bless (berkah). Ke Chaos jadi blessing of new relationship, ke Death jika diaktifkan ke diri sendiri, Sim akan berubah menjadi tengkorak yang efeknya hanya sementara dan ke Watcher akan dapat Simoleon.

Totecallama jika di fuse dengan Death base bisa summon tengkorak untuk membantu bersih-bersih rumah. Saya jadi ingat dengan bonehilda di The Sims 1 sampai The Sims 3, hihihi. Kombinasi sisanya sih curse (kutukan) semua. Yang paling berbahaya itu jika fuse Zazatotl denga Death. Jika diaktifkan bisa menuju kematian 😱 (marked for death). Jadi, Simnya tersetrum atau terbakar (tergantung efeknya apa). Setelah itu ditandai oleh grim reaper 😱😱 Jika tersetrum atau terbakar sekali lagi, maka tamatlah riwayat Simnya ☠️
Kombinasi sisanya curse2 ringan yang kadang lucu. Seperti terbayang-bayang makanan atau terbayang-bayang si Bob dan pancake 😂, bersin terus menerus, tidak bisa kontrol volume suara, dan lain-lain. Kalian harus coba dan temukan efek-efek unik lainnya 😉


Untuk mengaktifkan relic agar menghasilkan bless atau curse, Kita harus menyisipkan kristal pada relik tersebut. Kristalnya bisa kita cari di world. Selanjutnya harus direfine, di meja arkeologi yang butuh skill Archeology minimal 5. Relic bisa diaktifkan ke diri sendiri atau Sim lain. Kecuali Skeleton Transmogrification hanya bisa diaktifkan ke diri sendiri karena mengubah Sim jadi tengkorak. Dalam mode tengkorak Sim kita mendapatkan keuntungan, needs tidak berkurang kecuali social dan fun.

KESIMPULAN

  • Tidak disangka game pack ini akan seseru ini karena selain kita bisa menjelajah, juga ada banyak artefak, harta karun dan fosil yang bisa kita koleksi. Menurut saya pribadi, aktifitas tersebut menambah keseruan dalam The Sims 4. Sistem penjelajahan dan temple pun dibuat sedemikian apiknya sehingga tidak ada alasan The Sims 4 Jungle Adventure membosankan untuk dimainkan, kecuali kalian tidak terlalu suka dengan tema game pack ini.
  • Relic merupakan nilai plus dalam game pack ini. Pasalnya kita bisa kombinasikan total 9 dengan efek kutukan dan berkah yang berbeda-beda.
  • Selvadorada tidak hanya untuk tempat tujuan memnjelajah, jika kita melihan pemandangan world Selvadorada, ada banyak titik tempat yang sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.
  • Jika kami harus menilai, maka kami berikan nilai 8,5/10 untuk game pack ini. Rasanya tidak ada alasan untuk tidak mempunyai game pack ini.


BONUS SCREENSHOT

Share This

4 comments:

  1. Kalo di banding ama World Adventure di TS3 kek nya kalah jauh ya.. ini 1 lokasi aja.. sedangkan World Adventure ada 3 (Mesir China Prancis)

    ReplyDelete
  2. Iya the sims 3 ada 3 objek ya kalau nggak salah. Kita tunggu saja, kali aja ada update terbaru lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu pertimbangan juga soal artefak di TS4 JA benar2 unik mengingat di TS3 hanya seperti vase2, dll yang kurang unik. Terlebih di TS4 JA ada relic yang mempunyai berbagai macam power.

      Delete
  3. Betul, kalah jauh. Tapi kalau kita liat dari jenis DLCnya, Jungle Adventure adalah Game Pack sedangkan World Adventures adalah Expansion Pack. Yang kita tahu game pack adalah versi mini dari expansion pack. Maka sangat wajar kalau world destinasi hanya satu. Mungkin kalo mau jadi expasion pack kaya TS3 WA sih Outdoor Retreat jadi satu dengan Jungle Adventure + tambahan satu world lagi.

    Untuk exploration-nya TS3 WA saya rasa yang menang. Tapi utk berburu harta karun, TS4 JA menurut saya yang jauh lebih fun karena ada artefak dan relic.

    ReplyDelete